Cara Memilih Drone Bagus agar Tidak Salah Beli Sebelum Membeli, Pemula Wajib Tahu!

  • Admin Humassetda
  • 24 September 2019
  • Dibaca: 102 Pengunjung

Drone merupakan sebuah teknologi yang sekarang ini semakin banyak digunakan oleh orang-orang. Pesawat tanpa awak ini bisa mengendalikan diri mereka sendiri ataupun dikendalikan oleh penggunanya dari jarak jauh. Teknlogi ini juga populer di Amerika Serikat untuk keperluan militer seperti melakukan pengintaian atau juga untuk menyerang markas milik lawan menggunakan misil yang di bawanya. Namun sekarang ini fungsi dari sebuah drone sudah berbeda dibanding awal pembuatannya.

Sekarang ini drone bukan cuma digunakan untuk keperluan militer saja. Sekarang ini banyak masyarakat menggunakan drone untuk keperluan bisnis bahkan ada juga yang cuma membeli dan mengoleksi drone hanya untuk kesenangan semata. Selain itu keberadaan drone ini sangat penting bagi para pecinta fotografi, videografi, atau mereka yang bekerja sebagai wartawan.

Dulunya ketika kita ingin mengambil foto atau video dari atas kita harus naik ke tempat yang tinggi atau menggunakan helikopter. Namun dengan adanya drone ini sekarang kita bisa mengambil foto maupun video dari atas dengan mudah dan tanpa ribet dengan sudut 180 drajat. Oleh karena itulah banyak sekali orang yang mulai menggunakan drone, dihitung terjadi peningkatan penjualan drone sampai 200% di tahun 2015.

Sedangkan menurut lembaga riset Gartner, penjualan drone yang ada di seluruh dunia sudah mencapai 3 juta unit pada tahun 2017. Tentunya jumlah ini bisa dibilang sangat besar, peningkatan ini bukan cuma disebabkan penggunaan drone yang semakin massive di dalam bidang militer. Penggunaan drone juga semakin populer dengan adanya tren droines, yaitu berfoto-foto dengan menggunakan sebuah drone.

Dengan adanya tren droines ini tentunya banyak orang yang berikeinginan untuk membeli sebuah drone mereka sendiri. Namun kalian tidak boleh asal dalam memilih sebuah drone, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

 

7 Cara Memilih Drone Terbaik untuk Para Pemula

Terutama untuk kalian yang baru tahu mengenai drone ini, beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk memilih drone terbaik.

 

#1. Pahami Jenis-Jenis Drone yang Ada di Pasaran

Drone ada banyak sekali jenisnya yang tersebar di pasaran, mulai dari drone berukuran kecil untuk pemula sampai dengan drone yang ukuran untuk para profesional. Jadi kembali lagi kepada kebutuhan dari orang yang ingin membeli drone tersebut. Sebelum kalian membeli sebuah drone, alangkah baiknya jika kalian melakukan riset terlebih dahulu di pasaran sehingga kalian jadi tahu drone yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Hal ini harus kalian lakukan baik-baik mengingat harga dari sebuah drone tidaklah murah. Apalagi sebuah drone memiliki fitur dan fasilitas yang tentunya keren, akan sangat disayangkan jika ketika kalian membeli sebuah drone terus tidak sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Selain itu kalian juga harus memerhatikan cara penggunaan, perawatan, sampai dengan aksesoris yang diperlukan untuk calon drone kalian.

 

#2. Memahami Fitur Drone

Setelah kalian mengetahui drone terbaik yang cocok untuk kebutuhan kalian, selanjutnya kalian harus melihat fitur dari drone yang sesuai terrsebut. Untuk kalian para pemula disarankan memilih drone yang memiliki fitur auto lading dan auto take off, karena kalian tidak perlu bingung untuk cara menerbangkan dan mendaratkan drone tersebut. Pasalnya drone yang kalian beli belum tentu bisa langsung diterbangkan.

 

Selain itu kalian juga harus memeriksa kode dari drone yang kalian mau beli, apakah itu RTF atau Ready to Fly yang bisa langsung kalian terbangkan ketika sudah memasang baling-baling dan mengisi baterai, atau mungkin BTF (bird and fly) yang sudah terpasang utuh namun harus membeli pengendali jarak jauh yang terpisah, dan ARF (almost ready to fly) yang harus dirangkai terlebih dahulu supaya bisa terbang.

 

#3. Perhatikan Air Frame / Body Drone

Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua drone mudah untuk diterbangkan. Setiap drone dapat terbang berbeda, sesuai dengan pengaturan yang ada di komputer. Jadi untuk kalian yang baru mulai menggunakan drone disarankan untuk memilih drone yang memiliki body tangguh namun berat yang ringan. Kenapa? Untuk menghindari kerusakan yang parah ketika terjatuh atau menabrak sesuatu.

Jadi semahal apapun drone yang kalian beli, jika memiliki body yang terlalu berat dan kalian juga masih belum mahir mengendalikannya maka akan susah untuk diterbangkan juga. Apa iya kalian mau membiarkan drone kalian dan tidak digunakan. Jadi pilihlah drone yang kuat dan memiliki berat ringan sehingga tidak mudah pecah dan rusak ketika jatuh.

 

#4. Lama Terbang / Jangkauan Terbang

Setiap drone memiliki jangkauan dan lama terbang yang bervariasi. Ketika akan membeli sebuah drone, kalian harus memerhatikan jangkauan dan lama terbang drone tersebut. Jangkauan terbang merupakan jarakn antara remote control dengan drone yang diterbangkan. Ada drone yang memiliki jarak jangkauan 20 m sampai dengan berkilo-kilo meter. Jadi disini kalia bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian sendiri.

Sedangkan untuk lama terbang ini ditentukan oleh kapasitas dari baterai drone tersebut. Drone dengan kapasitas baterai yang kecil biasanya hanya memiliki lama terbang 15-30 menit saja. Sedangkan waktu yang diperlukan untuk mengisi baterainya hingga penuh adalah 2-3 jam. Namun kalian bisa juga membeli baterai cadangan atau membeli drone yang kapasitas baterainya lebih besar jika drone tersebut digunakan untuk keperluan bisnis.

 

#5. Bagian Baling-Baling Drone

Drone yang baik adalah drone yang memiliki baling-baling kuat dan baling-baling tersebut memiliki pelindung yang fleksibel sehingga tidak mudah rusak ketika jatuh atau terjadi tabrakan yang kuat. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun bagi para pemula yang baru mulai mau menerbangkan drone akan sangat penting dan berguna demi kelangsungan hidup drone yang dimiliki.

 

#6. Kualitas Kamera

Dalam sebuah drone, biasanya tedapat kamera buil-in dan kamera ini biasanya sering dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika seseorang ingin membeli sebuah drone. Sekarang ini banyak produsen yang menawarkan drone dengan kamera yang memiliki kemampuan merekam video sampai dengan resolusi 4K bahkan ada juga yang 5K. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal pula harganya.

Jika kalian masih pemula dan hanya memiliki dana yang pas-pasan saja maka drone dengan resolusi 1980 x 1080 sudah lebih dari cukup. Selain itu beberapa orang ada juga yang membeli kamera secara terpisah seperti GoPro ataupun acrion cam lainnya. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh fotografer ataupun videografer.

 

#7. Harga Drone

Ini adalah hal penting yang harus kalian perhatika ketika membeli sebuah drone, yaitu harga dari drone tersebut. Belilah drone sesuai dengan dana yang kalian miliki dan sesuai kebutuhan kalian saja. Jika hanya untuk keperluan dronies maka drone biasa dengan harga Rp. 500.000 sudah cukup oke. Namun jika untuk keperluan bisnis dan pekerjaan kalia bisa mempertimbangkan kualitasnya lagi.

 

sumber: https://www.mastekno.com/id/cara-memilih-drone-terbaik-untuk-pemula/

 

Share Post :