Buleleng Siap Menjadi Tuan Rumah JUMBARA ke-V

  • Admin Humassetda
  • 22 Oktober 2019
  • Dibaca: 103 Pengunjung

Jelang Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) ke-V tingkat Provinsi Bali yang  mengambil lokasi di Tepi Buyan, siap dilaksanakan pada Juli Tahun 2020 mendatang. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng bersama dengan PMI Buleleng terus berkoordinasi tentang persiapan acara tersebut.

Untuk mendukung persiapan tersebut, dibutuhkan koordinasi dan survei lokasi yang layak guna menampung seluruh peserta JUMBARA. Mengingat di bulan yang sama juga, bertepatan dengan Twinlake Festival (TLF) yang setiap tahunnya digelar oleh Pemkab. Buleleng.

“Selain mengenalkan keindahan wisata Buyan kepada para peserta nantinya, kegiatan ini juga dapat memupuk keterampilan kepalangmerahan generasi muda serta memupuk kader-kader PMI yang tangguh dan siaga di Bali,” demikian diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat menerima Audensi dari para Pengurus PMI Provinsi Bali dan PMI Kabupaten Buleleng yang bertempat di ruang Kerja Wabub Buleleng, Pada Senin (21/10) kemarin.

Wabub Sutjidra sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, apalagi Buleleng dipercaya sebagai tuan rumah pada tahun kelima pelaksanaan jumpa bakti ini. Selain lomba-lomba tentang kepalangmerahan yang akan diselenggarakan, tentu banyak hal positif yang akan diraih oleh para peserta.

“Mengingat jika berbicara tentang PMI, tidak hanya masalah darah saja. Tetapi tentu juga berbicara unsur kemanusiaan. Sehingga dalam Jumbara tersebut juga bermakna untuk meningkatkan profesionalisme dan mempererat silaturahmi sesama anggota PMR di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali,” kata Sutjidra.

Sebagai Ketua PMI Buleleng, Sutjidra juga berpesan kepada para pengurus yang hadir agar dapat memastikan waktu pelaksanaan tersebut agar tidak berbenturan dengan agenda tahunan di Buyan. “Jumpa bakti ini direncanakan dilaksanakan selama tujuh hari dan bertepatan juga dengan musim liburan anak-anak, saya harap kesediaan air dan lokasi tenda diperhitungkan baik dengan jumlah peserta yang diikutkan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PMI Provinsi Bali Wisnu mengatakan bahwa Jumbara sebelumnya telah dilaksanakan di Kota Tabanan. Kali ini bergerak ke Buleleng sebagai tuan rumah, daya tarik Tepi Buyan sangat mendukung lokasi perkemahan kedepan.

“Apalagi kegiatan ini  dilaksanakan bertepatan dengan libur sekolah, tentunya selain memproleh kegiatan sosial kemanusian, anak-anak dapat menikmati keindahan alam di Buyan,” kata Wisnu.

Ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, dengan tujuan untuk membangkitakan generasi muda untuk selalu tanggap terhadap bencana alam dan sosial yang terjadi di lingkungannya.

Paling tidak, kegiatain ini mampu membangkitkan budi pekerti para peserta. Mengingat, akan banyak kegiatan sosial diadakan disana. “Saya sangat berharap, Buleleng yang dinilai sangat baik dan selalu meraih juara di pelaksanakan Jumbara dapat memberikan contoh positif kepada peserta lainnya,” tutup Wisnu. (Stu)

Share Post :