DUKUNG PROGRAM BULELENG BEBAS SAMPAH PLASTIK

  • Admin Bulelengkab
  • 19 Pebruari 2015
  • Dibaca: 615 Pengunjung

KECAMATAN SUKASADA BENTUK PROGRAM “GARDU PASTI”

Program Pemerintah Kabupaten Buleleng (Pemkab) menciptakan Buleleng Bebas Sampah Plastik 2015 terus digencarkan. Berbagai dukungan pun datang dari masyarakat untuk membantu program tersebut. Dengan menciptakan program “Gerakan Terpadu Peduli Atasi Sampah Plastik (Gardu Pasti)”, Kecamatan Sukasada ikut berpartisipasi untuk membantu program Buleleng Bebas Sampah Plastik 2015. Launching dari program Gardu Pasti ini dibuka langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST jumat (20/2). Peluncuran program tersebut dilaksanakan di halaman Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti Desa Pakeraman Sangket Kecamatan Sukasada. Kegiatan ini juga diramaikan oleh murid dari sekolah – sekolah yang ada di Kecamatan Sukasada.

Selain acara seremonial launching Gardu Pasti ini, berbagai macam kegiatan juga diadakan dalam acara tersebut. Salah satunya penukaran satu kantong sampah dengan kupon hadiah yang akan diundi setelah acara pembukaan. Berbagai macam hadiah sudah disediakan oleh sponsor yang mendukung kegiatan tersebut.

Ditemui setelah acara launching Gardu Pasti, Bupati PAS menyatakan apresiasinya atas kesadaran masyarakat untuk mendukung program Buleleng Bebas Sampah Plastik 2015. Adanya perbedaan topografi disetiap desa, Putu Agus menghimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk memetakan cara penyelesaian masalah sampah di daerahnya. “Masing – masing Kepala Desa harus memetakan model – model caranya menyelesaikan persoalan sampah ini. Setelah dipetakan baru kita bisa selesaikan lewat Anggaran Pembiayaan Belanja Desa (APBDES) atau bantuan Kabupaten” ujarnya. Ia mengatakan untuk menciptakan Buleleng Sampah Plastik akan dilakukan secara bertahap. “Yang penting ada progres kearah yang lebih baik, tidak harus sekalian selesai” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Camat Sukasada sekaligus Ketua Panitia I Made Dwi Adnyana,SSTP mengatakan dibentuknya Gardu Pasti ini untuk mendukung program Pemerintah unutk menciptakan Buleleng Bebas Sampah Plastik 2015. Ia mengatakan suda membentuk tim Pembina dan di setiap desa atau kelurahan. “kami sudah membentuk kader disetiap Desa atau Kelurahan, dan nantinya kader inilah yang akan menjadi motor penggerak  dan memotifasi masyarakat sehingga penanganan sampah bisa menjadi lebih baik lagi” imbuhnya. (JOZ) 

Share Post :