Satu-Satunya di Bali Buleleng Bangun PAUD Percontohan

  • Admin Humassetda
  • 21 September 2019
  • Dibaca: 105 Pengunjung

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Buleleng berkembang cukup pesat, sampai saat ini data lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) per September Tahun 2019 berjumlah 217 yang terdiri dari TK Negeri sebanyak 25 dan TK Swasta sebanyak 192 lembaga. Dengan demikian Kabupaten Buleleng menjadi pilihan pemerintah pusat dalam memperoleh bantuan Unit Gedung Baru PAUD Percontohan yang akan dibangun di Lapangan Umum Kecamatan Busungbiu.

 

Pada kesempatan ini, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST bersama Ibu Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Buleleng meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Baru PAUD Percontohan, di Lapangan Umum Kecamatan Busungbiu, Jumat (20/9).

 

Dalam sambutannya, Bupati Agus Suradnyana mengatakan peran PAUD sangat penting untuk pembentukan mental karakter anak usia dini untuk menjadi insan-insan yang kuat, dan kedepannya memiliki kemampuan untuk berinteraksi sosial maupun pribadi dalam menjalankan kehidupan. Jika berbicara tentang percontohan, tidak semata-mata dilihat dari bangunannya saja, tetapi didalamnya terdapat upaya untuk meningkatkan kualitas PAUD itu sendiri. “Pembangunan PAUD tidak berhenti sampai tahap pembangunannya saja, kedepan justru harus ada sesuatu yang khusus untuk membuktikan PAUD di Busungbiu ini bisa menjadi contoh dalam memberikan kontribusi terhadap kualitasnya,” katanya.

 

Lebih lanjut, Bupati asal Desa Banyuatis ini menambahkan penentuan lokasi yang akan menjadi tempat dibangunnya PAUD dinilai kurang strategis, karena tempat tersebut bersebelahan dengan industri kayu yang dapat mengganggu segala proses kegiatan di PAUD nantinya. Oleh sebab itu, dirinya bertindak langsung untuk merevisi dan menentukan lokasi yang pas yakni berpindah ke sisi utara lapangan. Tahun depan, Camat Busungbiu, I Gede Putra Aryana, S.Sos.,MAP yang turut mendampingi Bupati Agus Suradnyana diminta untuk mengajukan perbaikan lapangan basket yang terdapat di lokasi tersebut, disamping bisa menjadi tempat bermain anak-anak, nantinya bisa tetap dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pemain basket dari siswa-siswi SMA di Busungbiu.”Karena saya lihat olahraga basket ini olahraga yang paling digemari oleh adik-adik SMA di wilayah ini,” tambahnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd.,MM yang hadir mewakili Kadisdikpora Buleleng menjelaskan pembangunan PAUD Percontohan  ini akan menghabiskan waktu pengerjaan sekitar 120 hari. Mengingat belum terbentuknya lembaga dalam proses pembangunan tersebut, maka pelaksanaannya dilaksanakan secara swakelola tipe 1 oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng dengan melibatkan serta memanfaatkan tenaga/tukang dari Desa Busungbiu sendiri. “Rekomendasi perubahan lokasi sesuai dengan arahan Pimpinan tentu akan kami laksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (Rma)  

Share Post :