Bupati PAS Hadiri Piodalan di Pura Agung Pulaki.

  • Admin Humassetda
  • 18 Oktober 2019
  • Dibaca: 110 Pengunjung

Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan persembahyangan serangkaian Pujawali di Pura Agung Pulaki, pada Jumat (8/10).

Pelaksanaan Pujawali Pura Agung Pulaki Lan Pesanakan Ida ini berlangsung dari hari Minggu tanggal 13 sampai 20 Oktober 2019. Upacara Pujawali di Pura Agung Pulaki lan Pesanakan Ida yang bertepatan pada Purnamaning Sasih Kapat, yang di puput oleh pemangku setempat.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,ST bersama Ny. I Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana serta Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka,M.P. beserta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Ditemui usai persembahyangan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,ST menyambut baik atas terlaksananya Upacara Piodalan Pujawali di Pura Agung Pulaki serta dapat memberikan vibrasi yang positif.

"Pelaksanaan upacara piodalan ini merupakan bentuk perwujudan Sradha Bhakti masyarakat dalam meningkatkan nilai spiritual sebagai umat beragama dan semoga pelaksanaan upacara Pujawali di Pura Agung Pulaki ini dapat dilaksanakan secara tulus ikhlas dan maknanya dapat memberikan energi positif bagi masyarakat yang melaksanakannya” ujar PAS.

Lebih lanjut, Bupati asal Desa Banyuatis ini mengungkapkan pesembahyangan pujawali ini mendatangkan pikiran positif dari segala penjuru sehingga memberikan keselamatan, kebahagian dan kesejahteran kepada seluruh masyarakat. "Dengan persembahyangan ini dapat menyeimbangkan alam skala dan niskala," ungkapnya.

Sementara itu menurut perwakilan Panitia, Jro Nyoman Suarja mengatakan puncak piodalan dilaksanakan pada 13 Oktober lalu yang juga bertepatan dengan Purnama Sasih Kapat.  

“Rangkaian upacara yang pertama dilaksanakan upacara Nanceb pada 7 Oktober 2019, lalu pada 10 Oktober 2019 dilaksanakan upacara melaspas Wewangunan, Ngagem Dewasa, Ngelinggihang Dewi Sri, Mecaru dan Memenjor, pada 11 Oktober 2019 dilaksanakan Mendak Tirta ke Pura Besakih, pada 12 Oktober 2019 dilaksanakan Melasti/Mesucian, pada 13 Oktober 2019 dilaksanakan Wanara Laba dan Puncak dari Pujawali/Piodalan ini dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 19 Oktober 2019, sementara pelaksanaan Ida Bhatara Mesineb, nanti pada 20 Oktober 2019,” ungkap Jro Suarja.

Lebih lanjut, , Jro Nyoman Suarja mengucapkan terima kasih atas kehadiran serta dukungan dari Bupati Buleleng beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Buleleng, yakni dalam mengikuti rangkaian Pujawali di Pura Agung Pulaki.

"Terutama dengan kehadiran Bapak Bupati Buleleng serangkaian Upacara Dewa Yadnya yang kami laksanakan semoga dapat berjalan lancar,” pungkasnya. (Dwa)

Share Post :