Pemerintah Kabupaten Buleleng Integrasi SIPKD, E-SAKIP, dan SIPEDDA 

  • Admin Humassetda
  • 14 Agustus 2019
  • Dibaca: 159 Pengunjung
Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Organisasi Setda Buleleng dan Dinas Kominfosandi Buleleng menggelar sosialisasi sinkronisasi e-SAKIP, SIPPEDA, SIPKD dan input bersama e-SAKIP Perangkat Daerah, yang bertempat di ruang rapat unit IV Setda Buleleng, hari Selasa (13/8).
 
Integrasi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan evaluasi SAKIP yang akan dilaksanakan 19-20 Agustus 2019 dan sebagai tindak lanjut dari hasil rekomendasi AKIP tahun 2017 tentang penggunaan aplikasi manajemen kinerja oleh KEMENPAN RB.
 
Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Buleleng Made Suharta, S.Kom, M.AP yang ditemui diruangannya mengungkapkan bahwa e-Sakip ini sesungguhnya melaporkan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) mulai dari perencanaan hingga penganggaran.
"Aplikasi e-SAKIP ini nantinya secara otomatis mengambil data dari masing-masing aplikasi SIPEDA dan SIPKD", ungkap Suharta.
 
Proses integrasi nantinya melalui sinkronisasi database, yakni antara aplikasi SIPKD dan SIPEDA akan mengeluarkan integra agent dan integra master yang berfungsi menghimpun data dari masing-masing aplikasi baik perencanaan dan penganggaran.
 
"Adapun data-data yang dibutuhkan e-SAKIP seperti proses penganggaran, baik realisasi anggaran, kegiatan, prencanaan, dan laporan kinerja", tutur Suharta
 
Made Suharta juga menambahkan, setelah sistem tadi terintegrasi, seluruh SKPD tidak perlu kembali mengimput data yang sama karena secara otomatis terkumpul di aplikasi SAKIP. "Saat ini tinggal menunggu penyamaan nomor rekening kegiatan pada aplikasi SIPKD dan SIPEDA", tambahnya.
 
Lebih lanjut Kepala Bagian Organisasi Dra.I DW.A.A.Sri Ambarawati menjelaskan, Integrasi ini dilakukan untuk membantu para operator aplikasi dalam meng-efektifkan waktu penginputan dan meminimalisir kesalahan input di tiga aplikasi tersebut. 
 
"Data yang digunakan dalam aplikasi tersebut saling berkaitan diantaranya adalah Visi, Misi, Sasaran, Tujuan, Program, Kegiatan, Anggaran Kegiatan, Realisasi Anggaran dan lain sebagainya yang berkaitan dengan data kinerja Pemerintah Kabupaten Buleleng", ungkap Ambar.
 
Sejak akhir 2018 hal ini sudah disosialisasikan, nantinya dengan adanya integrasi ini akan mendukung perubahan nilai Kinerja pada Pemkab Buleleng. "Diharapkan tanggal 16 Agustus mendatang penginputan sudah selesai dilaksanakan dan Buleleng siap menerima evaluasi SAKIP 2019", jelas Ambar.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kasubbag Perencanaan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng. (Stu)
Share Post :