Pemkab Buleleng Gelar LCC Empat Pilar Kebangsaan Tingkat SMA/SMK

  • Admin Humassetda
  • 15 Maret 2019
  • Dibaca: 46 Pengunjung

Untuk menambah wawasan tentang 4 ( empat) pilar Kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Buleleng melaksanakan lomba Cerdas Cermat ( LCC) 4 ( empat ) Pilar berbangsa dan bernegara tingkat SMA/SMK se kabupaten Buleleng yang digelar di Aula STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Jumat 15 Maret 2019. Lomba Dibuka resmi Oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Dharmaja, M.Si didampingi Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Plt. Drs. Komang Sumertajaya.

Dalam sambutan Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Dharmaja, M.Si mengatakan, Fenomena Konflik SARA di beberapa daerah di Indonesia merupakan kondisi yang sangat menghawatirkan selain itu tawuran antar pelajar/pemuda dapat melemahkan dalam persatuan kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu lomba ini sangat tepat diselenggarakan dalam upaya meningkatkan wawasan  bernegara yang didalamnya berisi materi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Lebih lanjut dikatakan, lomba ini bukan sekedar meraih juara namun lebih penting sebagai bekal bagi generasi muda terus menumbuhkembangkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari hari.

Ditambahkan Gde Dharmaja, wawasan kebangsaan sangat penting yang harus dipahami oleh seluruh komponen anak bangsa maka dari itu lomba ini sangat kami dukung diselenggarakan karena lomba ini merupakan salah satu upaya bagi generasi muda untuk lebih memahami wawasan bernegara dengan segala konteksnya.” Dengan demikian dengan adanya lomba ini peserta lomba mau tidak mau harus mempersiapkan diri dengan mempelajari terkait materi  4 pilar kebangsaan tersebut. “ Tambahnya.

Sementara itu Plt.Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Buleleng, Drs. Komang Sumertajaya dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Berbangsa dan bernegara tingkat SMA/SMK se kabupaten Buleleng  ini diikuti 9 sekolah di tiap kecamatan yang ada di kabupaten Buleleng. Dikatakan, selain untuk meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan kreatif juga menambah wawasan tentang 4 pilar kehidupan  berbangsa dan bernegara, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Kota Singaraja ke 415 . Materi lomba dilaksanakan yakni 4 pilar kebangsaan , Pancasila, Undang Undang dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Salah satu peserta dari SMA negeri 1 Busungbiu, desak Putu Devi pada saat itu mengaku sudah belajar dan mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik dalam lomba LCC 4 Pilar ini, dirinya optimis akan berusaha menjawab pertanyaan yang akan di lombakan dengan baik.” Saya sudah seminggu ini  mempersiapkan diri jadi lumayan saya udah siap ikut lomba” Ucapnya.( Br)

Share Post :