Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat Pusat Cek Kesiapan Buleleng

  • Admin Humassetda
  • 12 September 2019
  • Dibaca: 45 Pengunjung
Dalam rangka penilaian penghargaan Swasti Saba, Tim verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Buleleng. Swasti Saba atau Kabupaten Sehat merupakan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat (terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).
 
Verifikasi ini dilakukan untuk menilai kesiapan Kabupaten Buleleng sebagai kandidat peraih Swasti Saba KKS, ini untuk pertama kalinya Kabupaten Buleleng mengajukan diri sebagai kandidat penerima penghargaan. Adapun tatanan yang akan dinilai di Kabupaten Buleleng yaitu pemukiman prasarana sehat dan masyarakat sehat. 
 
Kehadiran Tim Verifikator pusat disambut langsung di Ballroom Hotel Aneka Lovina oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG didampingi anggota DPRD Kabupaten Buleleng Ni Kadek Turkini, SH, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahtraan Rakyat Ni Made Rousmini, S.Sos, serta Kepala OPD terkait, Rabu (11/9).
 
Pada kesempatan ini, rombongan verifikator dipimpin oleh Hadrian Marta dari Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik indonesia, menjelaskan Kabupaten Buleleng merupakan salah satu dari 167 kabupaten/kota se Indonesia yang sudah lolos verifikasi secara administrasi. “Secara keseluruhan ada 202 kabupaten/kota dari 22 Provinsi se Indonesia yang mengusulkan," ujarnya.
 
Hadrian Marta menambahkan ada 7 indikator yang akan dinilai dalam verifikasi yaitu: 
 
1. Kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum.
 
2. Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi.
 
3. Kawasan industri dan perkantoran sehat.
 
4. Kawasan pariwisata sehat.
 
5. Ketahanan pangan dan gizi.
 
6. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.
 
7. Kehidupan sosial yang sehat untuk kabupaten yang memenuhi kriteria, akan menerima penghargaan Swasti Saba.
 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengatakan Kabupaten Buleleng sudah sangat siap untuk menjadi kandidat penerima penghargaan Swasti Saba ini, ia menjelaskan Kabupaten Buleleng sudah memenuhi semua persyaratan diantaranya sudah menjalankan program-program kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Buleleng yang merupakan Kabupaten dengan penduduk terbanyak di Provinsi Bali.
 
Ia menambahkan ini merupakan kesempatan Kabupaten Buleleng untuk bisa meraih penghargaan Swasti Saba yang baru pertama kali diajukan dan menjadi Buleleng bisa menjadi Kabupaten Kota Sehat, "kita baru pertama kali mengajukan dan langsung memenuhi persyaratan untuk menjadi kandidat penerima penghargaan, " ucap Sutjidra. 
 
Wabup Sutjidra berharap nantinya melalui kegiatan KKS ini tim verifikasi pusat dapat membina Kabupaten Buleleng menuju Kabupaten Kota Sehat dan untuk kemajuan Kabupaten Buleleng khususnya dibidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. "kita harap melalui kegiatan ini dapat memajukan Buleleng di berbagai sektor utk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 
 
 
Share Post :